Leadership; Kunci Sukses Industri Kertas

Gaya kepemimpinan sangat mempengaruhi kinerja karyawan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Hal ini disebabkan entitas kepemimpinan dalam suatu perusahaan memainkan peran yang dominan dalam menjalankan fungsinya.
Menurut Agustinus Santosa dalam disertasinya yang berjudul Pengaruh gaya Kepemimpinan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Kepuasan Kerja dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Industri Kertas di Jawa Timur, dari tujuh perusahaan yang ditelitinya, gaya kepemimpinan sangat memegang peranan penting.
“Kepemimpinan dapat dibentuk dari beberapa hal, seperti keaktifan dalam diskusi, peninjauan lapangan, dan intensitas pertemuan yang dilakukan para karyawan,”jelas Ketua Koperasi Karyawan II PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia ini. Dengan demikian upaya yang dilakukan pemimpin adalah bagaimana dia mampu mempengaruhi bawahannya yang berada di dalam unit kerjanya.
Dan umumnya karyawan ingin dan mau melakukan kegiatan yang berarti bagi dirinya sendiri dan bagi organisasi yang memberikan rasa keberhasilan dan kepuasan kerja bagi karyawan itu. Meski kebutuhan dan keinginan karyawan berbeda-beda namun menurut Agustinus, semua akan tetap memberi kepuasan kerja karyawan bila dipenuhi oleh organisasi atau perusahaan.
Selain itu, Agustinus mengamati tanggung jawab sosial perusahaan yang dipengaruhi tiga hal, antara lain perilaku etika bisnis, kepedulian terhadap stake holder, kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.
Dalam Rapat Ujian Terbuka di Graha Wiyata Untag Selasa(26/8) yang lalu, Agustinus berhasil meraih predikat kelulusan Sangat Memuaskan setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji. Gelar Doktor Ilmu Ekonomi pun disandangnya kini dan menjadi DIE yang ke-64 Program Pascasarjana Untag.(humas)